3 Cara Turunkan Kalori Dalam 3 Hari | RESIKONYA

Kamu tau diet kalori?

Diet kalori adalah bentuk diet ekstrim dari diet lainnya…

Anda harus mengurangi jumlah porsi makan minimal 800 kalori perhari. Diet ini pengganti makanan seperti minuman, shake, dan bar makanan siap saji. Diet ini untuk orang yang sangat kelebihan berat badan dan tidak dapat menurunkan berat badan dengan mencoba berbagai rencana atau program diet yang telah dilakukan. Diet ini bisa berbahaya jika tidak dengan pengawasan medis. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang risiko dan sasaran diet 500 kalori sebagai berikut:

1. Konsultasi dengan ahlinya. Sebelum melakukan program diet, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi sehingga Anda bisa melakukan diet kalori yang tepat. Jika tidak resikonya diet yang Anda lakukan justru malah membahayakan tubuh.

2. Rencanakan diet. Menggunakan diet 500 kalori adalah program diet yang sudah populer 5 tahun belakangan ini. Berdasarkan rencana diet ini, Anda makan makanan bergaya Mediterania seimbang dengan kalori sekitar 2000 kalori selama lima hari dalam seminggu dan kemudian membatasi diri Anda dengan 500 kalori rendah karbohidrat per hari selama dua harinya. Kalau saya puasa senin kamis aja hehe.

3. Cukupkan asupan nutrisi. Salah satu masalah dengan diet 500 kalori adalah tidak memberi batasan pada lemak dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Satu porsi kue coklat dan segelas susu menambahkan hingga sekitar 500 kalori. Namun, makanan tersebut bahkan tidak memberi Anda nutrisi yang Anda butuhkan, bahkan jika Anda hanya duduk dalam rapat.

Beberapa resiko diet kalori..

Bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat diet kalori Anda justru akan berdampak buruk pada tubuh. Apa saja yang akan berdampak pada tubuh? Lihat di bawah ini↵

Kekurangan gizi

Bahaya terbesar yang terkait dengan diet  kalori berhubungan dengan kekurangan vitamin dan mineral . Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Sebenarnya, kebanyakan orang tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka jika mereka makan kurang dari 1200 kalori per hari.

Asupan zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, sementara asupan kalsium dan vitamin D yang rendah secara kronis dapat menyebabkan osteoporosis di kemudian hari. Jika Anda tidak cukup mendapatkan vitamin niasin, yang ditemukan pada ikan tuna dan kurma, Anda bisa berisiko terkena serangan jantung karena tersumbatnya arteri. Selalu perhatikan riasan nutrisi penuh dari makanan yang Anda makan, bukan hanya kalori mereka.

Otot menjadi lemas

Pada awalnya, kehilangan otot mungkin tampak seperti Anda kehilangan lebih banyak berat badan, namun perlu diingat bahwa tidak semua berat badan itu buruk. Agar tubuh tetap sehat, Anda harus bisa membangun otot. Diet sehat membakar lemak, bukan otot.

Perubahan metabolik

Hal-hal yang perlu diingat:
> Diet yang baik juga lebih efektif daripada mengurangi kalori.
> Diet rendah kalori dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral utama.
> Diet yang sangat rendah kalori dapat memperlambat metabolisme Anda dalam jangka panjang.

Risiko kesehatan lain yang perlu diingat saat mempertimbangkan diet  kalori adalah metabolisme tubuh. Karena ketika pasokan kalori berkurang dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan metabolisme tubh Anda menjadi sangat lamba. Setidaknya dibutuhkan kalori yang cukup untuk mempertahankan kualitas tubuh. Maka dari itu lakukanlah diet kalori yang tepat dan hindari cara diet yang dapat merusak tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*