6 Cara Hilangkan Bau Badan Paling Gampang

Bau badan memang menjadi masalah sehari-hari yang tidak bisa dihindari.Rutinitas yang terlalu padat kadang membuat kita lupa bagaimana membersihkan diri, saking sibuknya mungkin. Atau, memang tidak ada keinginan untuk membersihkannya,hehe. Meski umum dan terbilang wajar, bau badan menjadi masalah yang serius jika bertahan lama. Tentunya bau badan yang menyengat terus menerus dalam waktu lama membuatmu terganggu dan kehilangan harga diri. Orang-orang juga jadi malas untuk berdekatan.

Mengapa seseorang bisa memiliki bau badan yang berlebih?
Penyebab bau badan yang dialami tiap orang relatif berbeda-beda. Namun secara umum, bau badan disebabkan oleh ketidakseimbangan asam propionat dan asam propanoat di dalam tubuh. kedua asam ini merupakan salah satu jenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea. Ketidakseimbangan kedua asam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Pola makan yang tidak sehat. Misalnya seseorang terlalu kekurangan magnesium, atau zinc yang terlalu banyak, bisa juga karena terlalu banyak mengkonsumsi daging, bawang putih, alkohol, dan makanan berlemak lainnya.
  • Efek stres. Kelenjar apokrin (penghasil keringat) mengalami peningkatan yang signifikan saat sedang stres, akibatnya menimbulkan bau yang tak sedap.
  • Mengalami perubahan hormon. Hal ini sering kali terjadi pada usia remaja, yakni hormon androgen

6 Cara Hilangkan Bau Badan Paling Gampang

Kamu punya masalah dengan bau badan? tentunya sangat mengganggu sekali ya, nah untuk itu simak deh beberapa tips paling gampang buat kamu praktekin untuk mengusir bau badan selamanya ;

Pastikan tubuh kamu selalu bersih. Gak mungkir juga kalau tubuh bau kamu itu disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh, akibatnya bau menyengat kemana-mana. Nah, sekarang pastikan untuk mandi rutin 2 kali sehari setelah dan sesudah beraktifitas agar tubuhmu bersih dan terbebas dari kuman.

Jangan gunakan produk abal-abal. Mungkin kamu hobi mengoleksi sabun dengan harga 300 per kg, atau shampo yang dicampur sabun colek dll nya. Nah, sekarang pastiin kalo produk kebersihan kamu itu mengandung antibakterial yang dapat mengusir bakteri dan bau yang nempel di tubuh.

Pastikan badan kamu kering dulu sebelum mengenakan baju. Setelah mandi, biasakan karena terburu-buru orang langsung saja kenakan baju, nah hal ini jangan dibiasain ya. Sebelum pakai baju, pastikan kalo badanmu mengering dulu, terutama pada bagian tubuh yang sensitif, tubuh kering biasanya lebih sulit mengalami bau badan.

Gunakan pakaian yang bersih. Rasanya bakalan sia-sia badan bersih kamu kalau di pakein baju yang lusuh dan kotor. Misalnya kemeja yang udah 2 minggu gak diganti-ganti. Ini akan membuat badanmu ketempel bau dari baju itu, dan tubuhmu tetap bau dan menyengat.

Hindari makanan yang beresiko. Salah satu munculnya bau badan bisa juga disebabkan oleh makanan tertentu. Misalnya makanan yang mengandung bawang merah, bawang purtih, kafein dll.

Semoga berhasil ya, dan bau badanmu akan hilang selamanya. hehe

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*