8 Buah dan Sayuran Yang Paling Bergizi

8 Buah dan Sayuran yang Paling Bergizi

Buah dan sayuran ini mudah dijumpai loh dan gak kalah penting sama khasiatnya!


Buah dan sayuran merupakan makanan terpenting untuk kualitas tubuh Anda loh. Jadi jangan malas lagi untuk mengkonsumsi buah dan sayuran ya.., sebaiknya harus ada dalam setiap porsi menu makanan Anda sehari-hari. Karena buah dan sayuran ini merupakan penetralisir racun yang ada dalam tubuh Anda. Gak percaya? Untuk itu, rajinlah Anda mengkonsumsi buah dan sayuran ini.

Apa sajakah buah dan sayuran itu? Temukan di bawah ini:↓

 

♥Tomat. Sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis sayuran ini? ya, tomat sering kita gunakan sebagai bumbu masak atau bisa dikonsumsi langsung. Nah, ternyata tomat juga dipenuhi nutrisi. Buah ini mengandung vitamin A dan C yang tinggi, dan merupakan sumber zat gizi, potassium, vitamin B-6, mangan, dan serat makanan yang baik. Tomat juga selalu digunakan sebagai makanan pokok dalam porsi diet.

♥Kentang adalah salah satu makanan yang paling banyak berkembang di dunia sebelah barat. Kentang juga bisa beracun kalau dalam memasaknya tidak matang atau kalau buah ini masih hijau kulitnya. Kentang merupakan sumber vitamin C yang hebat, yang membantu kekebalan tubuh.

Kentang juga mengandung cukup potassium, vitamin B-6, dan serat untuk membuat makanan pokok lebih sehat. Kentang kaya akan vitamin A, B, C, dan E, bersama dengan zat besi dan seng. Kentang juga kaya akan nutrisi yang bagus bagi tumbuh kembang seseorang. Sebaiknya kentang dipasak dengan dipanggang karena kebanyakan kentang diolah hanya digoreng dalam minyak panas dalam jumlah yang tinggi, ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung lemak yang tinggi.

 

♥Paprika. Jika Anda membutuhkan dorongan vitamin C, paprika adalah pilihan tepat. Satu paprika hijau mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Paprika merupakan salad yang mudah Anda jumpai, salad ini juga bisa ditambahkan ke dala tumis-tumisan Anda karena merupakan penggugah selera makan Anda.


♥Cabai merah adalah tanaman yang tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi. Cabai juga biasa digunakan sebagai bumbu di dapur.Cabai adalah sumber vitamin C, vitamin A, dan potassium yang baik.Cabai juga merupakan penggugah selera untuk tambahan menu makanan Anda.Biasanya cewek nih yang doyan makan cabe hehe.

 

♥Terong adalah sumber pangan yang baik, mineral penting untuk perkembangan dan baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, menurut peneliti, terong mengandung antioksidan alami yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari tekanan oksidatif radiasi ultraviolet matahari. Karena teksturnya yang gemuk saat dimasak, terong juga baik untuk yang vegeterian.

♥Cecendet. Meskipun tidak sebanyak gizi seperti tomat merah varietas Anda, cecendet ini mengandung antioksidan dan dapat membantu Anda menyelipkan beberapa serat ekstra ke dalam makanan Anda tanpa menambahkan terlalu banyak kalori ekstra. Buah ini sangat mudah Anda jumpai di tepi sungai atau di kebun. Bahkan di pasarpun ada yang menjualnya. Rasanya memang ada yang masam dan ada yang manis segar.

♥Blueberry. Sering disebut-sebut sebagai makanan super karena banyak yang meyakini buah ini mengandung bahan pencegah kanker. Blueberrry mengandung antioksidan tinggi, yang diketahui dapat mengurangi peradangan.

Dengan pemikiran tersebut, blueberry diperkirakan dapat mencegah penyakit inflamasi seperti sindrom metabolik , diabetes tipe 2, Alzheimer, dan penyakit kardiovaskular. Secangkir blueberry menyediakan seperempat kebutuhan vitamin C harian Anda, serta menyediakan beberapa serat makanan. Serat, bila dikombinasikan dengan probiotik dalam yogurt, dapat menjaga saluran gastrointestinal Anda tetap bekerja dengan baik.

♥Wortel adalah sayuran yang kaya akan vitamin A. Mereka mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberi wortel warna oranye yang semarak dan bisa membantu pencegahan kanker. Sebenarnya, satu penelitian mengungkapkan bahwa untuk setiap porsi wortel per minggu, risiko kanker prostat partisipan menurun 5%. Studi lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel dapat mengurangi risiko kanker paru pada perokok. Dibandingkan dengan mereka yang makan wortel setidaknya seminggu sekali, perokok yang tidak makan wortel memiliki risiko tiga kali lebih besar terkena kanker paru-paru. Wortel juga kaya akan vitamin C, vitamin K dan kalium.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*