9 Cara Atasi Migrain Dalam 5 Menit

Apakah kamu pernah mengalami migrain? Rasanya hampir semua orang pernah mengalami kondisi ini. Migrain merupakan sakit kepala parah yang biasanya menyerang bagian satu sisi kepala saja. Meski bukan penyakit serius migrain bisa membuat rutinitas kita menjadi terbengkal, apalagi saat aktivitas kita mulai padat. Gejala migrain juga memiliki tipe yang berbeda ada yang parah dan ada juga yang biasa saja. Untuk gejala migrain yang parah biasnya muncul beberapa gejala bawaan seperti: mual, pusing, muntah, sensitif terhadap sinar matahari, suara dan bau. Sangat mengganggu sekali bukan? Nah, sekarang saya akan memberikan tips cara menghilangkan migrain paling cepat.  Simak ulasannya di bawah ini↵

9 Cara Atasi Migrain Dalam 5 Menit

 

1. Hindari suara keras dan lampu yang terang

Suara atau dentuman keras dan lampu yang berkedip-kedip merupakan pemicu gejala migrain terjadi. Rangsangan ini mungkin sulit untuk dihindari. Namun, mengetahui hal tersebut, terdapat lingkungan yang harus dihindari seperti mengemudi pada malam hari karena pada malam hari sangat minim penerangan apalagi di jalanan, menonton di bioskop, menghadiri klub malam, dan melihat silau matahari.

Sebaiknya harus mengurangi juga aktivitas lainnya yang berhubungan langsung dengan kontak mata yaitu menonton TV terlalu lama, menatap layar hp dan komputer juga dapat menjadi penyebab timbulnya migrain.

2. Perhatikan asupan makanan anda

Makanan pemicu timbulnya migrain atau sakit kepala, antara lain cokelat, anggur merah, daging olahan, pemanis buatan, dan keju. Berhati-hatilah pada makanan yang mengandung zat aditif, sebaiknya hindari karena ini merupakan pemicu datangnya migrain. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol atau kafein juga dapat memicu timbulnya gejala migrain. Sebaiknya, batasi jumlah konsumsi Anda terhadap makanan atau minuman tersebut ya?

3. Membuat buku harian sakit kepala

Dengan membuat buku harian, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi pemicu migrain. Berikut adalah beberapa contoh hal yang dapat diperhatikan:

  • tuliskan apa saja yang telah kamu makan dan minum
  • rutinitas apa dan jadwal latihan anda
  • situasi cuaca
  • perasaan dan emosi yang anda alami
  • obat-obatan dan efek sampingnya
  • separah apa anda merasakan sakit kepala

Cara di atas mungkin dapat membantu Anda untuk melihat pola kejadian migrain dan akan mudah untuk menghindarinya.

4. Waspada perubahan hormon

Migrain dapat terjadi akibat perubahan hormon seseorang. Kejadian ini sangat banyak dialami oleh wanita pada masa sebelum menstruasi, selama menstruasi, atau sesudah menstruasi.  Wanita juga harus waspada dengan kebiasaan diet dan olahraga mereka selama ini. Karena jika hal ini terus dibiarkan migrain akan melanda dengan mudah dan gejala ini akan terus berkelanjutan.

5. Minum suplemen

Meskipun migrain dapat diobati dengan obat atau tanpa obat. Tetapi Anda penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Membuat ramuan khusus dapat membantu Anda menangal migrain. Kekurangan magnesium telah terbukti berkontribusi pada timbulnya migrain. Jadi, dengan meminum atau mengonsumsi suplemen harian dapat membantu mengurangi gejala migrain tersebut.

6. Perhatikan cuaca

Perubahan cuaca bisa berdampak pada pola migrain Anda. Kelembaban dan suhu panas yang tinggi bisa merangsang sakit kepala, begitu juga dengan cuaca yang terus menerus hujan. Jika cuaca menjadi tida nyaman bai Anda, mungkin perlu istirahat dari alam bebas. Anda tidak usah terlalu sering ke luar, bisa dibatasi waktu bepergian Anda yang bisa menyebabkan migrain.

7. Makan dan tidur yang teratur

Jangan telat makan atau sengaja menunda rasa lapar anda, karena ini bisa memicu gejala migrain, dan perbanyaklah minum air putih. Usahakan jadwal makan dan istirahat harus teratur. Kurang tidur juga bisa membuat Anda semakin memperparah gejala migrain, pastikan waktu istirahat Anda cukup setidaknya tujuh sampai delapan jam perhari. Bahkan terlalu banyak tidur bisa menyebabkan Anda sakit kepala, jadi jangan mencoba menebus tidur yang tertidur karena tertidur terlalu lama.

8. Hindari stress

Meskipun kita tidak dapat selalu mengendalikan situasi yang penuh dengan tekanan, kita dapat mengendalikan emosi kita ketika sedang beraeaksi. Migrain adalah hasil yang umum dari peristiwa stres. Melakukan meditasi atau yoga dapat mengurangi stres.

9. Latihan relaksasi

Olahraga teratur merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Tapi, latihan intens seperti angkat besi bisa memicu sakit kepala. Perhatikan respon tubuh Anda terhadap aktivitas tertentu. Pilihlah kegiatan yang mempromosikan pengurangan stres tanpa terlalu banyak memberi tekanan pada tubuh, seperti yoga dan aerobik ringan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*