Bahaya Kekurangan Vitamin E

Bahaya Kekurangan Vitamin E,-

Vitamin merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan, bisa dibilang vitamin ini berfungsi sebagai penyempurna nutrisi tubuh. Biasanya, vitamin lebih banyak terdapat pada buah dan sayuran. Makanya, kita sering dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya dengan takaran yang seimbang.

Vitamin memiliki banyak jenis, dari mulai vitamin A, B, C, E, K, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini saya akan membahas tentang bahaya kekurangan vitamin E. Mengapa harus dibahas? agar kita tidak menyepelekan pengkonsumsiannya dan mengusahakan untuk memaksimalkan kadar pengkonsumsian makanan Bervitamin E setiap hari.

Fungsi vitamin E dan manfaatnya bagi tubuh

Vitamin E adalah salah satu nutrisi vitamin yang larut dalam lemak dan sering disebut sebagai takoferol, yakni memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Sifat antioksidan ini berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas yang menjadi ancaman perusak DNA. Dengan antioksidan yang kuat ini, tubuh akan sehat dan kebal dari ancaman penyakit. Sangat penting bukan fungsi vitamin E ini?

Namun fungsi penting ini tidak banyak disadari, buktinya tidak sedikit dari kita yang lebih mementingkan pengkonsumsian makanan-makanan tidak bergizi dibanding asupan nutrisi yang seharusnya diperoleh tubuh. Akibatnya, ancaman penyakit dengan mudah menginfeksi tubuh.

 

Bahaya kekurangan Vitamin E

Memahami pentingnya asupan vitamin bagi tubuh, seharusnya membuat kita segera bergegas untuk segera memenuhi kadarnya. Bukan malah memperbanyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Kekurangan vitamin E ternyata bukan suatu hal yang bisa dianggap enteng loh, sebab bisa menimbulkan dampak buruk di dalam tubuh apabila tidak terpenuhi. Berikut bahaya kekurangan vitamin E yang harus anda ketahui.

Rambut rontok
Akibat kurangnya kadar vitamin E, menyebabkan aliran darah di dalam tubuh menjadi terhambat, ini menyebabkan peredara darah di kulit kepala juga ikut menurun, sehingga membuatnya kekurangan nutrisi dan menimbulkan kerontokan rambut.

Aterosklerosis
Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan penebalan arteri atau penyempitan yang disebabkan oleh plak,  fibrin, kalsium, zat lemak dan kolesterol yang bertumpuk di dinding arteri. kondisi ini bisa semakin serius jika dibiarkan.

Kerusakan mata
Mata adalah sumber kehidupan bagi kita, nah kalau kita kekurangan kadar vitamin yang cukup, imbasnya bisa ke mata juga. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan kornea mata cepat lelah, rentan terkena masalah mata yang lebih serius nantinya.

Beberapa bahaya lain yang ditimbulkan :

  • Anemia
  • Infertilitas
  • Kanker
  • Kerusakan Otot dan Sistem Saraf
  • Stres/depresi
  • Gampang sakit
  • Kerusakan sistem saraf. dll

Jika anda tidak ingin terancam masalah kesehatan diatas, maka penuhilah kadar gizi yang seimbang, demi kesehatan tubuh agar tidak rentan penyakit. Dengan kualitas tubuh yang sehat, maka kualitas hidup anda pun menjadi lebih baik dan berkualitas.

Untuk memenuhi kadar gizi yang seimbang, khususnya untuk jenis vitamin E, maka carilah makanan yang mengandung vitamin E seperti : almond, biji-bijian, slada, mustard greens, bayam, hazelnut, alpukat, brokoli, peterseli, pepaya, gandum, paprika, margarin, zaitun, kiwi, tomat, cabai merah,  dan masih banyak lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*