Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita,-

Kulit merupakan lapisan luar tubuh yang memiliki banyak manfaat daan fungsi yang baik. Coba bayangkan, bagaimana jadinya kalau kita tidak memiliki lapisan kulit? sengatan matahari akan masuk menusuk ke ubun-ubun sampai ke dalam, dan membuat seluruh tubuh kita kepanasan. Sangat mengerikan kan? Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Kulit, memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar melalui sejumlah mekanisme bilogis, seperti pembentukan lapisan tanduk secara terus-menerus (pelepasan sel-sel kulit mati) respirasi dan pengaturan suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Namun sayang, fungsi kulit yang sangat menakjubkan ini tidak dialami selamanya, seiring pencapaian usia yang semakin menua, seseorang akan mengalami siklus ”penuaan kulit”. Dimana kulit menjadi kering dan tidak elastis lagi, sebab kadar sebum dalam kulit kering sangat sedikit. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Penuaan kulit ini ditandai dengan kondisi kulit yang bersisik, kasar, keriput dan munculnya noda hitam atau flek. Dan taukah kamu? ternyata penuaan kulit ini tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia saja. Tetapi pada banyak dialami oleh usia-usia muda. Yang bisa disebut juga dengan istilah ”penuaan dini”.

Faktor Penuaan Dini Pada Seseorang

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Hal yang menjengkelkan saat mendapati kualitas kulit menjadi menurun, apalagi pada bagian wajah. Pasti akan merusak penampilan kita.

Mengapa seseorang bisa mengalami penuaan dini? Katanya, penuaan kulit itu hanya terjadi kepada lansia saja, mengapa banyak yang mengalaminya padahal usia nya masi 20-an?

Kualita kulit bisa terancam memburuk oleh beberapa hal seperti ; Penuaan kulit bisa disebabkan oleh banyak faktor. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Dimulai dari faktor internal seperti keturunan, daya tahan tubuh, dan kejiwaan. Juga bisa dipicu oleh faktor stres dan hormon. Untuk faktor eksternalnya, inilah beberapa kondisi penyebab terjadinya penuaan kulit ;

  • Radikal bebas. Merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh juga jaringan kolagen, sehingga membuat kualitas kulit menjadi buruk. Sebagian penelitian menyatakan jika molekul ini terbentuk dari efek polusi yang kotor, sengatan sinar matahari yang terlalu lama, juga paparan zat kimia.
  • Sinar matahari.Merupakan salah satu jenis terbentuknya radikal bebas. Sebenarnya cahaya matahari itu sehat untuk tubuh, namun perhatikan jam nya, untuk jam sehat berkisar 7-9 pagi. Dan setelah dzuhur sangat rentan sekali bagi kulit, pastikan menggunakan pakaian yang tertutup.
  • Kelembaban udara. Salah satu penyebabnya bisa terjadi akibat efek dari cuaca atau polusi yang membuat kulit tak lembab lagi dan mudah mengering. Sebagai antisipasi, gunakan body lotion agar tekstur kulit tubuh menjadi lembab dan kenyal.

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Mengalami penuaan dini pada kulit, tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Apalagi bagi kaum wanita yang paling detail soal penampilan. Tak mau kan jika penampilanmu menjadi buruk akibat kualitas kulit yang tidak ok? Pada kasus lansia, penuaan kulit akan terjadi begitu saja secara alamiah, dan ini memang bukan sesuatu yang bisa di elak lagi. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Sedangkan penuaan kulit pada remaja/dewasa pasti terjadi karena suatu hal penyebab yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Dan, kebanyakan faktor penyebab adalah hal-hal yang sering kita alami sehari-hari. Seperti paparan sinar matahari, polusi, dan berbagai macam lainnya. Untuk menghindari penuaan dini pada kulitmu, coba lakukan serangkaian pencegahan ini ladies!

  • Saat berada di outdoor, gunakan pakaian yang tertutup dan masker wajah untuk melindungi kulitmu dari paparan polusi dan sengatan matahari yang tidak sehat.
  • Berjemurlah di pagi hari sampai jam 9, karena sinar matahari di jam ini sangat sehat dan bagus untuk kesehatan kulitmu.
  • Gunakan body lotion agar paparan sinar mahatari.polusi tidak langsung menyerap ke kulit. Gunakan body lotion yg mengandung spf tinggi.
  • Pastikan selalu membersihkan tubuh dan wajahmu agar kotoran yang menempel tidak menyerap dan segera bersih.
  • Konsumi makanan yang bergizi, terutama buah san sayuran, karena makanan juga sangat bagus untuk kesehatan kulitmu dari dalam.

Itulah beberapa tips penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*