Cara Mengobati Anemia Paling Cepat

Anda sering mengalami anemia? rasanya tidak nyaman sekali ya? kondisi ini bisa menyerang siapa saja, terutama kepada mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Anemia, merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Sel darah ini memiliki fungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, namun karena kondisi ini fungsi tersebut menjadi terganggu dan tidak berjalan lancar.

Akibatnya tubuh menimbulkan berbagai gejala seperti lelah, letih, wajah pucat, tidak bernafsu makan atau melakukan apapun, sehingga aktifitas menjadi terbengkalai. Anemia bisa terjadi pada jangka panjang atau pendek. Tergantung kepada faktor penyebabnya juga. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia? Banyak sekali faktor penyebab seseorang bisa mengalami anemia, namun medis membaginya kepada 3 kelompok yakni ;

  • Akibat tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah. Kondisi ini terjadi secara alamiah dan memang culit untuk diatasi.
  • Terjadinya perdarahan cukup hebat. Kondisi ini bisa terjadi akibat kecelakaan, keguguran, atau sesuatu yang menyebabkan keluarnya darah yang berlebihan.
  • Kelainan. pada kasus tidak normal, reaksi tubuh menghancurkan sel darah merah yang sehat, sehingga terjadilah gangguan anemia ini.

Anemia juga bisa terjadi kepada seseorang yang sedang sakit, karena kondisi tubuh yang kurang fit, tidak cukup mengkonsumsi makanan, atau kurang mencerna makanan dengan baik, sehingga tubuh mengalami gangguan dan akhirnya sel darah terganggu pasokannya. Karena itulah saat lagi sakit tubuh terasa lemas, pucat dan tidak bersemangat.

Kondisi anemia juga bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa disadari, mungkin seseorang terlalu sibuk sehingga mengabaikan asupan makanannya, atau terlalu kelelahan dan berbagai kondisi lainnya. Saat mengalami anemia, jangan dulu panik dan menyerah, coba lakukan beberapa langkah pengobatan agar anemia anda bisa segera diatasi secepat mungkin, dan anda tidak mengalami kondisi yang semakin memilukan. berikut beberapa langkah pengobatan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anemia.

Cara Mengobati Anemia Paling Cepat

kalau mau ambil cara cepat, anda bisa mengambil beberapa suplemen khusus anemia dari dokter. Dengan suplemen ini, biasanya kondisi tubuh menjadi membaik dan kembali fit. Namun jangan berbahagia dulu, karena efek dari suplemen justru bisa memperparah anemia anda. Terlebih, kalau tidak di seimbangi dengan cara hidup yang sehat.

Nah satu-satunya cara pengobatan anemia yang paling aman dan efektif adalah dengan cara alami. Selain aman untuk tubuh, cara alami ini bisa memperngaruhi kualitas tubuh anda. Jadi sembari mengobati sembari merawat tubuh juga. Berikut cara alami atasi anemia paling cepat ;

  • Perbanyak minum air putih. Di takutkan anemia anda makin parah, terus ngalamin dehidrasi juga, baiknya optimalkan minum 8 gelas per hari agar tubuh tidak semkin lemah karena kekurangan cairan.
  • Makan daging dan seafod. Kedua makanan ini sangat efektif untuk menormalkan kembali darah anda, sebab daging dan seafood kaya akan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah di tubuh.
  • Konsumsi buah dan sayur. jangan hanya fokus pada makanna hewani saja, anda juga harus menyeimbanginya dengan buah-buahan, nah jenis buah yang bisa anda pilih yakni : anggur, apel. aprikot, kismis, dan buah pulm.

Sebenarnya mengatasi anemia itu lebih mudah ketimbang darah tinggi. Saat sakit anemia, anda hanya perlu mengoptimalkan makanan-makanan bergizi dengan rutin, sebaliknya mereka yang mengalami hipertensi justru ditekan untuk makan ini dan itu, akibatnya darahnya kadang sulit untuk turun. Jadiiii, jangan berputus asa ya. Semangat untuk sembuh 😉

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*