Ciri Ciri Anak Yang Mengalami Malnutrisi

Memiliki anak yang sehat lagi cerdas tentu menjadi harapan seluruh orang tua di dunia ini. Namun sayang, tidak semua orang tua memiliki kesempatan yang sama. Mengapa? Seperti yang kita ketahui bersama, masalah kesehatan yang terjadi pada anak-anak di zaman sekarang semakin meningkat saja.

Tidak heran, karena anak-anak pada umumnya rentan terhadap ganguan kesehatan. Ini karena anak belum mampu menghasilkan sistem imun yang kuat untuk dirinya sendiri. Namun sebenarnya hal ini bisa teratasi apabila anak mendapat nutrisi gizi yang seimbang di dalam tubuhnya.  Itulah masalahnya,gizi seimbang tidak di dapat oleh seluruh anak di dunia ini.

Buktinya tidak sedikit anak yang mengalami masalah ”malnutrisi” bahkan sampai ke tahap yang lebih parah. Bukankah ini sangat mengkhawatirkan? Yap. Lantas siapa yang harus disalahkan dalam hal ini? Orang tua. Kebutuhan gizi yang seimbang adalah sepenuhnya tanggung jawab orangtua. Adapun pengkonsumsian makanan yang tidak bergizi yang dikonsumsi anak, itupun masih kesalahan orangtua.

Apakah malnutrisi bisa disembuhkan? Satu-satunya cara penyembuhan malnutrisi anak adalah dengan menjamin kadar gizi se ideal mungkin. Anda bisa mulai memperhatikan makanan dan minumannya, tidak memberi peluang baginya untuk jajan sembarangan, mengawasi apa-apa yang dikonsumsi anak.

Sangat mudah bukan? Lagipula, gizi itu tidak harus mahal-mahal juga kok. Buah-buahan dengan harga terjangkau seperti pisang, pepaya, singkong, atau ubi bisa memenuhi kadar gizi anak dengan baik.  Tapi memang sih, kalau terdorong perekonomian, atau kurangnya perhatian ke anak, malnutrisi bisa menjadi kasus yang menjadi semarak di negara tercinta kita ini.

Parahanya, untuk kasus malnutrisi yang terlanjur parah, pengobatannya akan sulit diatasi, pemberian makanan bergizi pun tak lagi berguna jika anda sudah mengalami kondisi yang amat parah.Sangat mengerikan kan? Nah untuk mencegah hal tersebut, baiknya lakukan pengamatan ciri anak malnutrisi sedini mungkin agar bisa teratasi dengan mudah.

Ciri Ciri Anak Yang Mengalami Malnutrisi

  • Nafsu makan berkurang. Fenomena ”susah makan” memang sudah menjadi hal yang tidak biasa di kalangan anak-anak. Tapi jangan anggap biasa juga kalau keterusan. Coba tawarkan makanan lezat dan bergizi padanya.
  • Susah mengalami pertumbuhan. Jika gizi tubuh terpenuhi, maka pertumbuhan anak juga akan berjalan dengan normal. Namun untuk anak yang malnutrisi ini menjadi sangat sulit.
  • Otot melemah. Kadang sering jatuh tiba-tiba, sering goyah karena oto-oto tubuh tidak kuat karena kurangnya gizi.
  • Pembengkakan anggota tubuh. Selanjutnya, anak juga akan mengalami pembengkakan di sekitar tubuh, misalnya di bagian wajah, perut, telapak kaki dan wajah. Ini karena kurangnya nutrisi penting bagi tubuh.
  • Perkembangan otak terganggu. Bukan hanya mempengaruhi pertumbuhan saja, malnutrisi juga bisa menjadi imbas ke bagian otak. Dimana anak yang mengalami malnutrisi akan memiliki IQ yang rendah.

Bila anak anda sedang mengalami ciri-ciri diatas, baiknya segera lakukan penanganan sebelum malnutrisi yang dialaminya semakin parah. Jangan abaikan kesehatan anak. Sebab ini bisa mempengaruhi masa depannya, tak inginkan anda jika memiliki anak yang lemah dan tak berdaya? pastinya tidak akan tega ya 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*