Efek Samping Operasi Tiroid, No 3 Paling Ngeri

Pada suatu kondisi tertentu, terkadang mau tak mau kita harus membuat pilihan untuk tetap bertahan hidup. Salah satunya yakni dengan melakukan operasi.Saat mendengar kata ”Operasi” fikiran kita mungkin langsung tertuju pada harapan hidup yang sangat kecil. Sebab, kita tahu sendiri bahwa resiko operasi itu bukanlah main-main.

Salah satu tindak operasi yang memiliki efek samping yang cukup beresiko adalah tioid. Tahu apa itu tiroid? Yakni masalah kesehatan yang menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak di bawah jakun ini bertugas untuk mengatur berbagai sistem metabolisme tubuh. Namun, ketika tubuh kekurangan atau kelebihan hormon tiroid menyebabkan kelenjar tiroid mengalami gagal fungsi.

Saat kelenjar tiroid mengalami pembesaran biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi agar tidak mengganggu dan membuat kondisi kembali normal. Terlebih jika pembesaran tiroid didiagnosa sebagai tumor ganas, maka mau tak mau harus melakukan operasi pengangkatan. Namun sebelum berencana melakukan operasi, anda harus tahu dulu beberapa efek samping operasi yang bisa membahayakan tubuhmu.

Efek Samping Operasi Tiroid, No 3 Paling Ngeri

Operasi bukanlah satu-satunya cara penyembuhan yang bisa anda lakukan. Karena pada faktanya banyak sekali efek samping yang ditimbulkan. Ternyata Sebelum melakukan operasi, baiknya kita sadari satu hal bahwa, operasi memiliki efek samping yang bisa membahayakan tubuh. Beberapa resiko yang bisa terjadi yakni ;

  • Menyerang saraf pita suara. Banyak sekali saraf-saraf penghubung di dalam tubuh kita, salah satunya adalah saraf yang terhubung pada pita suara. Nah karena tiroid ini berada berdekatan dengan saraf pita suara bisa menimbulkan resiko yang berbahaya bagi pita suara anda. Bisa menjadi serak, tidak bersuara, atau bahkan hilang. Bukan menakut-takuti ya, tapi banyak juga pasien operasi tiroid yang mengalami tragedi seperti ini saat melakukan operasi tiroid.
  • Infeksi dan pendarahan. Banyak hal nyang bisa menyebabkan hal ini terjadi, dimulai dari alat operasi yang tidak steril, tehnik operasi yang tidak sesuai aturan, atau beberapa hal lainnya. Infeksi dan pendarahan mudah terjadi apalagi jika anggota medisnya kurang berpengalaman. Infeksi dan pendarahan saat operasi bukanlaah sesuatu yang bisa di anggap sepele loh, sebab efeknya bisa memperngaruhi tubuh secara menyeluruh.
  • Penyumbatan jalan nafas. Inilah resiko operasi tiroid yang paling berbahaya. Hal ini terjadi akibat pendarahan yang tidak terkendali saat operasi sehingga membuat peredaran darah menuju organ pernafasan menjadi terhambat dan membuat pasien kesulitan bernafas. Apa yang bisa kita lakukan tanpa bernafas? tentu akan mengalami kesulitan ya.

Tidak semua operasi gagal, dan tidak semua operasi sukses. Hasil dari operasi tersebut hanyalah sebuah keberuntungan. Namun, bukan berarti anda harus pasrah ya. Memperbaiki pola hidup adalah satu-satunya cara agar terhindar dari segala macam penyakit termasuk jenis penyakit yang mendatangkan kita pada jalan operasi. Penyakit datang karena ulah kita sendiri, dan kita lah yang harus mengatasinya. Salam sehat^,^

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*