Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari | Sangat Berbahaya

Indonesia merupakan negara tropis yang sinar mataharinya melimpah, sinar matahari mengandung banyak vitamin D. Disamping itu sinar matahari juga bermanfaat membunuh mikro bakteria. Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk membuat rumah yang di pagi harinya cukup tersinar oleh matahari ini. Jadi, kalau kita ingin berjemur di bawah terik sinarnya kita tidak usah pergi ke pantai. Cukup di depan rumah saja kita bisa langsung menikmati sinarnya dan bayangkan kita seperti sedang berjemur di pantai ya.

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaatnya, kita harus mensyukuri itu. Tetapi kebanyakan kita menghindari sinar matahari yang sudah mulai menyengat, bahkan untuk menatapnya sebentar mata kita sensitif dan berpaling dari sinarnya. Jika kita menatapnya dalam keadaan sedang gerhana itu akan membuat kita mudah untuk melihatnya, tapi bukan berarti harus dilakukan. Menatap matahari hanya diperbolehkan beberapa detik saja, karena dapat membuat kerusakan mata yang serius.

Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Ultraviolet, Mengapa?

Apa yang akan terjadi jika melihat matahari terlalu lama?

Saat sinar ultraviolet dari sinar matahari memasuki mata, mata terfokus melalui lensa mata dan ke retina di bagian belakang mata. Retina adalah jaringan yang peka terhadap cahaya dan merupakan lapisan permukaan dalam mata.

Setelah meresap ke dalam retina, sinar UV ini menghasilkan pembentukkan radikal bebas. Radikal bebas ini mulai mengoksidasi jaringan di sekitarnya. Mereka akhirnya menghancurkan batang dan fotoreseptor kerucut di retina. Kerusakan oksidatif disebut sebagai retinopati matahari atau fotik. Kerusakan mata bisa terjadi dalam sekejap atau beberapa detik ketika menatap langsung ke arah mata. Dalam intensitas tinggi dan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada mata, seperti katarak bahkan dapat menyebabkan kebutaan sementara hingga kebutaan total.

Apa saja gejala kerusakan mata akibat menatap matahari?

Terlepas dari semua peringatan yang telah ada jika gerhana terjadi jangan melihatnya secara langsung karena dapat menyebabkan kerusakan mata. Namun hal ini tidak terlalu didengar oleh sebagian orang. Memang pada saat kita melihat gerhana, rasa sakit tidak bereaksi secara langsung. Para pakar kesehatan mata juga telah memeperingatkan, menatap matahari secara langsung tanpa menggunakan pelindung mata bisa menyebabkan kerusakan. Hal ini bisa mengakibatkan berkurang atau hilangnya penglihatan secara serius dan permanen.

Dimulai dengan retina yang rusak, tanda-tanda kerusakan retina membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk muncul. Jadi sulit untuk langsung mengetahui apakah retina Anda rusak atau tidak. Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin tidak memperhatikan gejalanya atau perubahan pada penglihatan. Ada banayak orang yang tidak menyadarinya karena memerlukan waktu hingga 12 jam untuk mengenali gejala ini.

Gejala retinopati matahari dapat terjadi hanya dalam satu mata, namun kebanyakan kasus terjadi pada kedua mata pada saat bersamaan. Untuk kasus retinopati ringan berikut gejalanya:

  • mata berair
  • ketidaknyamanan melihat lampu terang
  • akit mata
  • sakit kepala

Selanjutnya gejala menjadi serius seperti:

  • penglihatan kabur
  • penurunan penglihatan mata
  • sulit membedakan bentuk
  • penglihatan terdistorsi
  • bintik buta atau beberapa titik buta di tengah penglihatan anda
  • kerusakan mata permanen

Segera periksa ke dokter

Jika Anda mengalami gejala retinopati surya beberapa jam atau sehari setelah menatap matahari, temui dokter mata Anda untuk menemui jika Anda memiiki gejala sakit mata. Jika dokter menyatakan bahwa Anda memiliki retinopati matahari, Anda mungkin akan melakukan pngujian tambahan untuk memeriksa kerusakan pada retina.

Cara mengobati kerusakan mata

Tidak ada pengobatan standar untuk retinopati surya. Gejala ini kemungkinan besar akan membaik seiring berjalannya waktu, tapi bisa memakan waktu dari satu bulan sampai satu tahun untuk benar-benar pulih. Suplemen antioksidan dapat membantu selama masa pemulihan, namun penggunaan antioksidan untuk perawatan belum ada yang membuktikannya. Pemulihan akan tergantung pada tingkat kerusakan mata. Sementara beberapa orang dengan retinopati surya dapat melakukan pemulihan penuh dari waktu ke waktu. Kerusakan parah dari retinopati matahari dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen.

Mencegah kerusakan pada mata

Karena tidak ada perawatan efektif yang tersedia untuk membalikkan retinopati surya, mencegahnya jauh lebih baik dari pada mengobati. Pada hari-hari yang cerah, pastikan untuk selalu memakai kacamata hitam dan topilebar. Orang yang mempunyai hobi olahraga air, seperti berselancar, jangan lupa juga harus memakai pelindung mata yang membalik 100 persen sinar UV dari air. Menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

Anak-anak juga berisiko tinggi mengalami retinopati surya. Mata yang lebih muda bisa mengirimkan lebih banyak cahaya ke retina. Anak-anak mungkin juga tidak sepenuhnya memahami konsekuensi dari menatap matahari terlalu lama. Jika Anda memiliki anak, pastikan Anda menjelaskan bahwa mereka seharusnya tidak menatap langsung ke arah matahari. Ingatkan mereka untuk selalu memakai topi dan kacamata hitam ketika bermain di luar di bawah teriknya matahari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*