Hindari Minum Air Es Setelah Olahraga | Begini Dampaknya

Kegiatan olahraga sudah menjadi salah satu bagian penting dalam menciptakan kualitas tubuh yang sehat lagi kuat. Tanpa olahraga, sebaik apapun pola makanmu, rasanya masih kurang sempurna kalau tidak ada kegiatan olahraga di dalamnya. Ya, meskipun kegiatan olahragamu hanya sebatas main lompat tinggi di depan rumah, atau lari-larian mengelilingi kompleks, itu sudah sangat membantu sekali untuk proses pembakaran lemak ditubuh, dan pembuangan toksin yang berbahaya.

Oh iya, pasti sangat membahagiakan sekali ya saat lagi capek-capeknya habis olahraga, langsung nyeruput air dingin, seperti terbang ke khayangan dan bertemu bidadari-bidadari syantik. Seger gitu rasanya. Tapi nyeruput air es setelah olahraga bukanlah pilihan yang tepat, sebab bisa menyebabkan munculnya resiko yang berbahaya bagi tubuh. Seberapa parah memang efeknya? dan apa aja sih? disini saya akan mengulasnya secara terperinci. Untuk itu terus baca sampai akhir ya!

Hindari Minum Air Es Setelah Olahraga | Begini Dampaknya

Buat kamu yang doyan minum air dingin setelah olaharaga, atau bahkan sering nyemil es batu sampe gigirimu lembab dan kedinginan, lebih baik sekarang hentikan deh kebiasaan itu, dan move untuk melakukan kebiasaan yang lebih baik dan berfaedah. Memanya separah apa sih minum air es setelah olahraga? Kan cuman minum ko tidak boleh? dan keluhan lainnya. Minum air es, gigit es batu, atau bahkan makan kulkasnya sekaligus memang tidak pernah ada larangannya. Tapi kalau kamu sehat, tentu kamu tidak aka melakukannya, sebab tahu bahwa dampaknya bisa berbahaya kalau terus di biasakan atau terlalu berlebihan.

Suhu tubuh setelah olahraga bisa mencapai 37 derajat celsius. Ketika suhu tubuh yang sedang panas ini dialiri air es, maka bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Resikonya, bisa menyebabkan fatal bagi organ jantung dan membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke jantung berhenti. Sangat berbahaya sekali kalau terus di biarkan. Beberapa ilmuwan meneliti bahwa minum air dingin setelah olahraga bisa menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya. Yakni :

♥Pusing akut. Sebab sistem saraf pusat belum siap menerima perubahan respons dari suhu panas ke dingin dalam waktu singkat. Sehingga ♥saraf menjadi terkejut.
♥Sering buang air kecil. karena seluruh tubuh kedinginan, membuat kandung kemih juga bereaksi dan menimbulkan rasa ingin buang air kecil terus-menerus.
♥Hyponatermia. Berkurangnya kadar yodium dalam tubuh secara tiba-tiba.
Beberapa efek lainnya ;
♥Pembuluh darah menyempit
♥Tubuh terasa tak nyaman
Detak jantung menjadi lemah
♥Radang tenggorokan
♥Penyempitan usus

Sebenarnya air tidak diharamkan kalau suhunya masih terbilang normal. Untuk batas toleransi dinginnya adalah 4 derajat celsius. Dan minumnya juga harus pelan-pelan alias tidak boleh sekaligus, Tapi untuk menghindari kemungkinan buruk di atas lebih baik untuk tidak mengkonsumsinya, dan memilih air dengan suhu normal saja agar aman untuk tubuh. Tidak ada yang menyangka ya kalau sebatas minum saja sudah jadi masalah yang besar. Namun bukankah masalah besar juga berawal dari kebiasaan yang terlihat ringan da sepele?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*