Ingin Dietmu Berhasil? Cobalah 5 Tips Ini

Kata diet mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, khususnya bagi kaum hawa. Sudah mencoba berbagai macam program diet dilakukannya, bahkan rela berkorban demi penampilan yang diidamkan. Namun, seringkali diet itu tidak berhasil atau gagal karena godaan makanan yang lezat dan bujuk rayu teman yang mengajak kita untuk makan di lestoran baru atau tempat yang sedang ngetren. Kehilangan berat badan adalah impian banyak orang terutama untuk para kaum wanitab yang mengidamkan berat badan yang ideal seperti model terkenal atau artis di TV.

Banyak alasan mengapa program diet selalu dilakukan. Tapi alasan kesehatan atau penampilan yang paling umum dalam program penurunan berat badan yang ideal. Salah satu program diet yang disarankan yaitu program diet dengan menggunakan cairan bukan dengan makanan padat. Dari banyak program yang dilakukan, hanya beberapa saja yang mengganti makanan padat menjadi cairan, sementara yang lain mengganti semua makanan padat dengan cairan.

Ingin Dietmu Berhasil? Cobalah 5 Tips Ini

Diet cair adalah program diet yang mengganti makanan padat menjadi cair tanpa mengurangi kebutuhan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. Meski banyak makanan cair, terdapat beberapa kelompok yang dikategorikan untuk penurunan berat badan dengan program ini, yaitu:

Pengganti makanan

Beberapa diet cair pasti harus menggunakan sistem shake, sistem ini yaitu penggantian makanan padat yang dicairkan dan mengandung rendah kalori dari pada makanan padat atau biasanya, dan dapat diganti dengan makanan yang lain pada setiap harinya.
Shake dirancang untuk menampung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk protein, karbohidrat, dan lemak serta vitamin dan mineral.

Beberapa program penurunan berat badan menggunakan shake ini untuk menghitung seluruh asupan kalori Anda dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan.

Membunuh racun dalam tubuh

Diet ini dilakukan untuk menghilangkan zat beracun pada tubuh. Tidak seperti shake, diet ini hanya mengandalkan beberapa bahan alami seperti jus dari buah dan sayuran tertentu dan bahan botani lainnya. Tetapi diet ini mungkin tidak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Diet cair yang disarankan secara medis

Diet cair ini adalah contoh diet yang diresepkan secara medis untuk alasan kesehatan tertentu. Sesuai dengan namanya, diet cair bening hanya mengkonsumsi cairan bening seperti air, jus, apel, dan teh. Biasanya diet ini diresepkan untuk seseorang yang telah menjalani operasi atau seseorang yang mengalami masalah pencernaan.

Diet rendah kalori

Diet cair mengandung lebih sedikit kalori dari pada makanan padat biasa. Untuk pengganti makanan cair, jumlah kalori harian berkisar antara 500- 1.500 kalori. Namun, diet ini seringkali hanya satu fase dari keseluruhan program penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan padat yang berkalori rendah diganti dengan makanan cair dapat menjadi efektif untuk menurunkan berat badan. Sementara diet rendah kalori dapat menyebabkan penurunan berat badan yang berlebihan.

Hal ini juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan risiko lebih besar dan berisiko mempunyai penyakit batu empedu. Diet ini harus dipantau secara ketat oleh tim medis. Dengan demikian diet ini tidak dianjurkan untuk pengguanaan dalam jangka panjang. Diet cair tertentu tidak melarang untuk mengkonsumsi makanan padat yang mengandung nutrisi yang tidak ditemukan dari seluruh makanan yaitu buah dan sayuran.Namun, mengganti satu atau dua kali makan perhari dengan makanan pengganti kalori rendah mungkin merupakan strategi jangka panjang praktis sebagai pelengkap untuk makan makanan sehat dan padat.

Tidak semua orang bisa melakukannya

Mungkin banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan ini, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Beberapa orang mengira bahwa mengganti beberapa makanan padat menjadi makanan cair adalah cara praktis untuk mengurangi asupan kalori mereka. Meski begitu, pola makan seperti ini cukup berbahaya. Jika Anda menggunakan cairan kalori rendah untuk mengganti makanan padat kemungkinan Anda telah mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan pastinya Anda akan merasa puas akan hal itu.

Namun, jika Anda masih merasakan lapar setelah mengkonsumsi pengganti makanan cair, strategi ini mungkin tidak baik untuk Anda. Jika biasanya Anda makan siang dengan menu kalori yang cukup tinggi dan menggantinya dengan makanan cair, mungkin Anda berhasil menjalankan program diet ini. Tapi, jika Anda biasa makan dengan porsi makan siang sehat dan menggantinya dengan makanan cair, tentu Anda tidak akan merasakan efek dari program diet ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*