Inilah 3 Waktu Yang Paling Sehat Untuk Makan Buah

Buah dan sayuran merupakan komponen penting dalam tubuh, sebab termasuk ke dalam jenis makanan yang bergizi tinggi. Buah dan sayur juga sangat ditekankan pengkonsumsiannya demi menyehatkan tubuh anda. Namun, bukan berarti anda bisa mengkonsumsinya tanpa batasan juga, kadang orang berlebih-lebihan mengkonsumsi buah dan sayur tanpa diseimbangi dengan gizi yang lain, dampaknya tidak bagus juga untuk tubuh.

Selain itu, anda juga harus memilih waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vegetarian ini. Sebab kerja sistem pencernaan kita dalam proses pencernaan adalah salah satu penentu mengapa kita harus makan buah di saat yang tepat. Berikut beberapa waktu yang paling tepat bagi anda untuk mengkonsumsi buah dan alasan medisnya, simak baik-baik ;

Inilah 3 Waktu Yang Paling Sehat Untuk Makan Buah

Buah-buahan mengandung kadar gula alami bernama fruktosa, yang merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna, namun buah juga mengandung serat yang dapat memperlambat proses pencernaan. Lantas kapan waktu yang tepat agar pencernaan di dalam perut tidak bentrok?

Jawabannya. adalah kapan saja. Ya, anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur kapan saja. Misalnya di waktu sarapan, makan siang atau makan makan.Namun jangan ambil ketiga waktu itu untuk mengkonsumsi jenis makanan yang sama. Sebab tubuh juga memerlukannutrisi lain yang berada pada makanan sejenis daging, telur, nasi.

Lebih tepatnya, anda harus mengoptimalkan pengkonsumsian dengan kadar yang seimbang. Buah, sayur, nasi, dan lauk pauk lainnya. Untuk mengatur kagar gizi yang tepat. Buatlah pola jadwal makan anda dan keluarga. Misalnya dari senin-minggu lalu tuliskan menu-menu yang akan di santap saat sarapan, makan siang dan makan malam. Dengan begitu, tubuh anda akan mendapatkan kebutuhan gizi yang sempurna 🙂

Waku makan yang tidak tepat juga sangat mempengaruhi kualitas tubuh anda, sebab pada saat-saat tertentu makan buah dan sayur juga rasanya akan sia-sia. Nah sebaiknya anda harus menghindari makan buah pada saat ini ;

  • Sebelum olahraga. Bagi para pediet makan buah dan sayur saja sudah cukup bagi mereka meskipun akan melakukan aktifitas yang berat seperti olahraga. Namun faktanya pandangan ini sangatlah keliru, sebab sayur dan buah adalah makanan yang tinggi serat, jika langsung berolahraga bisa menimbulkan masalah pencernaan apabila perut masih terisi. Ada baiknya tunggu 2-3 jam setelah makan baru boleh berolahraga.
  • Sebelum tidur. Telah kita ketahui bersama jika makan sebelum tidur sangatlah tidak menyehatkan tubuh. Ini dikategorikan juga pada buah dan sayur. Sebab makanan ini dapat menghasilkan insulin pada tubuh. Naiknya insulin akan menyebabkan produksi hormon menurun. Sehingga pastikan anda makan 3-4 jam sebelum tidur.
  • Saat diare. kalau anda tidak ingin BAB anda terus keluar, hindari buah dan sayur agar kondisi pencernaan tidak kacau. Sebab buah dan sayur memiliki serat yang sangat tinggi dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Namun bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi buah dan sayur. Anda bisa memilih beberapa jenis buah dan sayur dan tidak beresiko, dan pastikan juga jika diare anda sudah lebih membaik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*