Masih Malas Sikat Gigi Sebelum Tidur? Ini Bahayanya

Siapa yang jarang gosok gigi ketika mau tidur? Jangan sampai ya.. Ada berbagai hal yang harus kamu tahu tentang bahaya tidak menggosok gigi ketika akan tidur. Menggosok gigi sangatlah penting untuk kesehatan gigi agar jauh dari kuman penyakit yang disebabkan dari sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga akan berubah menjadi flak yang mengandung banyak bakteri. Selain itu, menyikat gigi dapat menjaga nafas kita jauh lebih segar.

Masih Malas Sikat Gigi Sebelum Tidur? Ini Bahayanya

Dengan menyikat gigi flak tersebut dapat berkurang dan jauh dari bakteri, karena jika dibiarkan secara terus menerus, flak yang menempel itu akan terus membesar sehingga menjadi karang digigi. Juga dapat menyebabkan peradangan dan pendarahan pada gigi kamu. Dalam sehari minimal dua kali kamu melakukan sikat gigi, karena ini adalah takaran yang bagus. Terlalu sering menyikat gigi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi kamu. Lakukan secara menyeluruh ketika kamu sedang menyikat gigi agar tidak ada yang tersisa. Gunakan sikat gigi yang aman dan lembut dan gunakan pasta gigi agar gigimu segar.

Cara menyikat gigi dengan baik dan benar:

  • bersihkan permukaan luar gigi bagian atas lalu bagian gigi bawah
  • bersihkan bagian dalam gigi atas lalu bagian gigi bawah
  • jangan lewakan untuk menyikat lidah kamu agar jauh lebih segar

Jenis sikat gigi yang baik untuk dipakai adalah sikat gigi yang berbulu lembut karena dapat mempermudah untuk membersihkan flak dan kotoran pada gigi. Gunakan sedikit tenaga ketika menyikat gigi agar lebih bersih dan mempunyai efek yang bagus pada gigi. Jangan lupa kamu juga harus mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Karena sikat gigi yang telah lama dipakai mengandung banyak kuman dan bakteri. Jadi harus rajin diganti ya..

Alasan mengapa kita harus sikat gigi pada malam hari atau sebelum tidur, karena kuman pada gigi saat malam hari sangat aktif dan menimbulkan bakteri sehingga perlahan gigi bisa berlubang. Ketika kita tertidur, pasokan air liur di dalam mulut berkurang, sehingga bakteri dalam mulut bebas beraktivitas. Alangkah baiknya saat kita akan tidur, hindari nyemil atau makan karena kebanyakan dari kita sering lupa untuk menyikat gigi dan langsung tidur.

Menyikat gigi sebelum tidur juga penting agar pas bangun pagi,  mulut kamu terasa segar dan tidak terlalu bau. Kita juga harus pandai mengatur waktu agar kita tidak lupa sikat gigi pada malam hari. Menyikat gigi sangat penting bagi kesehatan gigi kita. Selain telah menjadi rutinitas kita pada setiap harinya sikat gigi juga memilik manfaat. Berikut manfaat menyikat gigi pada malam hari atau sebelum tidur:

Mencegah gigi berlubang

Menyikat gigi dapat mencegah gigi berlubang, karena kalau tidak semua kuman penyakit dan bakteri akibat sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi plak dan terus membesar sehingga berubah menjadi karang gigi. Bakteri ini akan terus menggerus gigi kita dan menyebabkan berlubang. Untuk itu rajinlah menggosok gigi agar jauh dari kuman penyakit.

Nafas akan lebih segar

Menyikat gigi harus dilakukan secara teratur dan melakukannya harus dua kali dam sehari. Karena ini kan membuat nafas kita akan segar dan jauh dari kuman bakteri yang menempel dan juga bisa membuat kita lebih pede jika sedang melakukan percakapan atau ngobrol dengan orang lain.

Jauh dari penyakit gigi

Orang yang malas menyikat gigi akan terjangkit penyakit pada gigi dan membuiat gigi terasa sakit. Penyakit ini ada yang disebut dengan peradangan gusi yang diakibatkan penumpukan flak pada gigi dan gusi. Penyebab dari penyakit gusi ini akan sering merasakan ngilu pada gusi dan gigi. Maka dari itulah menyikat gigi dapat mencehgah penyakit di gigi kamu.

Gigi lebih cerah

Saat kita sedang berbicara dengan orang lain, seringkali kita melihat terdapat gigi yang warnanya agak kekuningan. Hal ini mungkin mereka kurang menyikat gigi. Karena menyikat gigi dapat memberi efek pada warna gigi kita. Tetapi ini sering terjadi pada mereka yang suka merokok dan minuman. Jangan sampai terjadi pada kita ya akibat kita malas menyikat gigi.

Dapat menguatkan gigi

Saat ini banyak merk pasta gigi atau formula lainnya dengan mengandung berbagai khasiat yang dapat menguatkan gigi kita. Tapi itu saja akan sia-sia jika kita jarang menggosok gigi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*