Mengapa Sarapan Nasi Itu Dibilang Tidak Baik?

Kamu suka sarapan? pasti suka dong ya, kalau tidak sarapan orang jadi cenderung mudah lelah dan capek. Karena akan beraktivitas seharian, jadi dibutuhkan energi yang cukup ya dengan sarapan itu. Jadi intinya, sarapan itu penting dan harus dipenuhi setiap hari demi memaksimalkan energi di dalam tubuh. Kamu suka sarapan apa? Nasi? sepotong roti? jus? atau hanya minum air putih saja? Pola sarapan tiap orang itu beda-beda ya. Sesuai dengan kebiasaannnya masing-masing. Tapi buat sebagian besar masyarakat Asia sendiri, termasuk indonesia, kerap memilih nasi sebagai menu utama sarapan tiap pagi.

Bagi orang indonesia sendiri, nasi adalah menu terfavorit yang tidak ada tandingannya. Bahkan, banyak yang menyebutkan kalau bukan makan namanya kalau belum ketemu dengan semangkuk nasi. (padahal sudah habis 3 piring mie) Duh parah ya hehe. Sebagian besar dari kita berfikir jika dengan sarapan nasi tubuh akan menjadi kuat, tidak mudah lelah, tidak mudah lapar dan semangat seharian. Apakah itu benar? Ternyata salah loh, karena sebenarnya sarapan nasi itu memiliki efek yang tidak bagus juga kalau terlalu berlebihan.

Mengapa Sarapan Nasi Itu Dibilang Tidak Baik?

Bukan tidak boleh sarapan nasi, tapi sebaiknya hindari karena efeknya tidak baik bagi tubuh kalau terus dibiasakan apalagi dengan porsi yang terlalu banyak. Sarapan nasi di pagi hari rasanya terlalu menyayangkan jika terlalu dibiasakan. Inilah beberapa efek samping sarapan nasi yang harus di ketahui ;

Gampang ngantuk. Sering ngantuk saat lagi kerja? ngampus? sekolah? coba inget2 lagi, mungkin tadi kamu sarapan nasi terlalu banyak. Ko bisa menyebabkan ngantuk? iya karena asupan karbohidrat yang terlalu tinggi akan cukup mengganggu dan memberikan efek ngantuk bagi tubuh. Bukan malah bersemangat, kamu justru makin males-malesan karena makan nasi kebanyakan. Hmm

Mudah lapar. Kata siapa makan nasi bisa nahan lapar lebih lama? Ternyata kebalikannya guys, makan nasi bisa bikin kamu cepet lapar. Ini disebabkan oleh kadar glikemik indeks dalam nasi terlalu tinggi sehingga menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh akan naik dan menimbulkan rasa lapar lagi. Dan banyak yang membuktikannya juga loh.

Meningkatkan kadar gula darah. Kamu tau? penderita diabetes di indonesia itu banyak banget loh, hal ini disebabkan oleh efek nasi yang terlalu banyak. Sebab di dalam nasi terkandung kadar glukosa yang tinggi. Baiknya hindari sarapan nasi di pagi hari atau jangan terlalu berlebihan makannya, karena siangnya kamu akan makan nasi dan biasanya kalau siang makannya banyak. Pastinya perut makin tidak karuan kan ya.

Masih banyak efek samping lain yang ditimbulkan akibat sarapan nasi di pagi hari. Dimulai dari sembelit, gangguan pencernaan, kurnag konsentrasi, dan masih banyak lagi. Tapi hal tersebut tidak akan terjadi bila mengkonsumsi nasi dalam kadar yang normal. Untuk itu ketika sarapan, minimkan pengkonsumsian nasi dan imbangi dengan nutrisi lain seperti buah dan sayuran. Jangan malah pagi, siang dan sore sama-sama makan nasi dan daging kan tidak lucu untuk kesehatan. Dan lebih baik ganti nasi di pagi hari dengan nasi merah yang kadar lemaknya lebih rendah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*