Pola Makan Sehat Paling Tren 2018, Mau Tau?

Siapa sih yang gak doyan makan? Pastinya semua orang makan, karena makan merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk tumbuh dan berkembang sejak dari lahir. Makanan juga merupakan sarana pembantu untuk menjalankan metabolisme tubuh. Berbagai sumber makanan dapat berasal dari hewan dan tumbuhan.

Manusia memerlukan semua unsur tumbuhan dan binatang untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Seperti yang kita ketahui tubuh manusia terdiri dari sel-sel yang perlu perawatan dan asupan nutrisi. Mengkonsumsi makanan sehat menjadi satu cara untuk membuat sel tubuh tetap aktif. Namun kebanyakan orang malah belum mengerti mengenai manfaat makanan untuk tubuh.

Pola Makan Sehat Paling Tren 2018, Mau Tau?

1. Makanan berlabel halal

Kalau di Indonesia lagi marak tren organic atau health food macam muesli, sebenarnya ada pergerakan tren makanan global yang menarik lho. Meski islamophobia atau sentimen negatif terhadap agama islam sedang meningkat, menariknya pada saat yang sama makanan halal juga makin populer? Lho kok bisa ya? Agamanya dipandang negatif, tapi makananya malah semakin dicari. Justru bukan di negara-negara muslim, ternyata industri makanan halal sedang berkembang pesat di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat lho.

Karena di dalam agama islam perkara kebersihan itu termasuk syarat utama halal, tentunya kebersihan makanan dan cara pengolahannya sangat dijaga. Nah ini juga jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat secara umum. Siapa sih yang nggak tertarik makan di tempat yang perkara kebersihannya sudah terjamin?

2. Makanan beraroma bunga

Makanan manis seperti cake dan roti dengan isian krim, keju, susu dan cokelat seringkali menjadi ‘godaan terbesar’ saat seseorang menjalani diet penurunan berat badan. Terlebih lagi saat stres, banyak kemungkinan orang untuk mencomot dan langsung melahap makanan ini. Alhasil program penurunan berat badan tak berhasil dan tubuh pun makin menggemuk. Bagi Anda yang merasa kesulitan menahan nafsu makan makanan berkarbohidrat tinggi, sebuah trik yang telah terbukti secara ilmiah ini bisa jadi solusinya, hiruplah aroma melati.

Para peneliti di Australia menemukan bahwa setelah menghirup aroma melati, hasrat partisipan untuk makan cokelat berkurang secara signifikan. Ini menjadi salah sat tren dalam makanan. Bahkan aroma bunga sepatu diisi dengan khasiat kesehatan yang luar biasa, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi sakit perut, dan bahkan berpotensi menurunkan berat badan.

3. Makanlah jamur

Adanya beberapa kandungan yang terdapat dalam jamur pangan (jamur yang bisa dimakan) yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti protein, vitamin, asam amino, antioksida, antiobiotik alami, mineral. Jamur juga mengandung kolesterol rendah, mencegah kanker payudara dan kanker prosta, meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi, dan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Makanan kaya rempah-rempah

Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang memiliki rasa yang kuat, aroma tajam dan sangat sedap bila dicium. Kapulaga termasuk jenis rempah polong yang memiliki biji. Jenis kapulaga yang paling dikenal adalah kapulaga hijau dan kapulaga hitam. Manfaat kapulaga yaitu umtuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membantu menurunkan potensi pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.

5. Ikan tuna

Tidak dapat dipungkiri manfaat ikan tuna untuk kesehatan sangat banyak sekali mengingat kandungan gizi yang dikandung didalamnya sangat besar. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai jenis hasil laut seperti ikan tuna seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh penduduk di Indonesia. Manfaatnyapun sangat banyak diantaranya sumber protein bagi tubuh, mencegah stroke, mencegah tekanan darah tinggi, baik untuk kesehatan jantung, mencegah obesitas, dan merupakan sumber vitamin B.

6. Makan sayur mayur

Manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh. Secara umum manfaat sayuran adalah untuk melancarkan BAB, pencernaan yang sehat, sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh, sumber utama serat, mencegah kanker, meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, meningkatkan kesehatan syaraf dan mata.

7. Hindari minuman bersoda

Bahaya minuman soda bagi kesehatan sudah tentu tidak boleh dianggap sepele lagi. Minuman ini terkandung banyak bahaya yaitu menyebabkan obesitas atau perut bisa membuncit, merusak ginjal, gigi dapat membusuk, tidak mengandung vitamin, dapat menurunkan kualitas sperma, tulang mudah rapuh, membuat tubuh mudah sakit, menyebabkan kecanduan, dan menipiskan lapisan lambung.

8. Makanan ringanĀ 

Makanan ringan yang sehat dapat menambah serat dan nutrisi untuk diet tanpa menambahkan pada kalori ekstra.Tak hanya itu makana ringan sehat ini juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu mengontrol nafsu makan, tambhan energi dan nutrsi, mengontrol rasa lapar, mengontrol tingkat insulin, dan meningkatkan kerja otak. Jadi apa salahnya jika kita ngemil secara sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*