Rambut Rontok Berlebihan? Mungkin Ini Penyebabnya

Bagi tubuh, rambut adalah mahkota, yang memiliki peran penting untuk memperindah diri. Kadang kita lihat ya, ada orang yang wajahnya biasa-biasa aja tapi gaya rambutnya keren tuh, jadi kebawa keren juga kan. Nah kebalikannya, ada yang ganteng, putih, mancung, tapi rambutnya kuno, atau tipis atau botak permanen, kan rada berkurang ya kadar kegantengannya. Itu sih menurut aku, tapi aku yakin, kamu juga memiliki pendapat yang sama deh.

Makannya, saat rambut mengalami kerontokan yang berlebih, bakalan jadi masalah yang besar, sebab mahkota tubuh kita menjadi tidak terjaga lagi keanggunannya. Apalagi bagi para cewek-cewek yang paling antusias kalau sudah mengalami hal seperti ini. Apa sih penyebab rontok rambut berlebih? kita sering lihat di sinetron-sinetron, banyak yang mengalami sakit parah terus rambutnya jadi rontok berlebih, apa itu juga yang sedang kamu alami? Ternyata engga gaes, gak semua penyebab kerontokan rambut itu diakibatkan sakit parah.

Lalu apa faktor penyebabnya? Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak faktor, dimulai dari salah produk shampo, terpapar sinar matahari berlebih, jarang keramas, dan faktor penyebab lain yang membuat jaringan kulit dan rambut menjadi rusak parah. Setelah di telusuri penyebab rontok rambut berlebih itu bisa disebabkan pula oleh faktor makanan. Mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, untuk itu mari kita bahas beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan rambut anda rontok ;

Rambut Rontok Berlebihan? Mungkin Ini Penyebabnya

Makanan memiliki peran penting bagi tubuh, bukan hanya untuk memenuhi kesehatan organ di dalam tubuh saja, tetapi organ lain di luar tubuh juga termasuk rambut. Nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan mengalir pula ke jaringan rambut untuk menyehatkannya, itu jika kita mengkonsumsi makanan yang bergizi. Namun, jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak tepat/kurang sehat, maka efeknya tidak baik juga bagi keseluruhan organ di dalam tubuh.

  • Susu. Mengandung kadar kalsium tinggi yang dapat menurunkan resiko osteoporosisi juga gangguan tulang lainnya, namun kelemahannya, bisa membuat rambut mudah rontok. Untuk menghindari kerontokan rambut yang berlebihan, pilihlah produk susu yang tak melalui proses pasteurisasi.
  • Gorengan. Untuk para pecinta gorengan baiknya dikurangi ya, sebab lemak trans yang terkandung di dalam gorengan sangatlah tinggi dan memicu kerontokan rambut yang berlebih.
  • Pemanis buatan. Banyak sekali olahan makanan yang mengandung pemanis buatan yang berlebih. Selain tidak baik untuk penderita diabetes, makanan manis juga dapat memberikan efek buruk pada rambut. Jadi hindari ya.
  • kafein. Untuk anda pecinta kopi, atau makanan berkafein lainnya, jangan terlalu banyak2 ya sebab bisa membuat rambut mudah patah dan rontok.
  • Ikan bermerkuri. Di lautan yang luas terdapat jutaan jenis ikan yang tersebar, namun jangan anggap semua ikan itu bersih sebab untuk ikan yang mengandung merkuri justru dapat membahayakan tubuh, salah satunya bisa membuat rambut mudah rontok.

Makanan lain yang membuat rambut mudah rontok ;
Alkohol
Makanan berselenium
Makanan yang mengandung glikemik tinggi
Makanan kemasan
Dll

Bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali, anda boleh tetap mengkonsumsinya namun dalam kadar yang rendah sehingga terhindari dari efek rambut rontok berlebih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*