Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer

Apakah kamu pekerja kantoran? blogger? penulis cerpen? tukang main game di warnet? atau seseorang yang harus selalu mantengin komputer setiap harinya? Pasti jengkel sekali ya, kalau tugas udah banyak dan ada keharusan main komputer, tapi mata kamu malah tidak mendukung. Kayak perih, panas, kelilipan, gitu-gitulah. Kenapa ya?

Guys, mata punya kapasitas tersendiri buat bekerja, alias gak boleh dipaksakan. karena itulah kadang mata minta buat istirahat, atau seengganya menghidup udara segar tanpa harus melulu melototin layar komputer. Tapi ya namanya juga pekerjaan, sesuatu yang mau gak mau harus kita lakuin, ya terpaksa mata harus dipaksakan untuk bekerja ekstra. Makanya, gak aneh lagi kalo kita lihat penderita mata minus di indonesia ini, alias banyak banget.

Lalu bagaimana agar terhindar dari kelelahan mata saat di depan komputer? Mata emang punya keterbatasan untuk melakukan kinerja jadi jangan terlalu dipaksakan jika memang sudah merasa lelah. Tapi kebanyakan kasus yang sering muncul adalah, mata seringkali terasa perih, lemah dan tidak berdaya padahal kerja di komputer tidak terlalu ekstrim, atau masih dalam kadar yang normal.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan itu efek dari mata lelah akibat aktifitas main komputer yang terlalu berlebihan sebelumnya. Atau, karena tehnik main komputer kamu yang tidak sehat. Seperti jaraknya terlalu dekat, terlalu fokus melihat layar komputer tanpa berkedip sehingga membuat mata menjadi cepat lelah dan kecapekan. Nah, hal-hal seperti ini sebenarnya bisa kita atasi kalau kita bisa mengakalinya dengan beberapa tips dibawah ini ;

Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer

  • Gunakan pelindung layar. Ini bertujuan agar cahaya radiasi dari komputer tidak langsung kena ke mata.
  • Jarak pandang mata. Jangan terlalu dekat dengan monitor komputer, ambil jarak aman sekitar 50cm untuk menjaga mata dari kerusakan
  • Kondisikan dengan postur tubuh anda. Simpan layar komputer pada sisi yang dianggap nyaman. Jangan terlalu ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.
  • Atur cahaya komputer. Jika cahaya/sinar komputer terlalu mencolok, atur kembali menjadi lebih redup agar mata tidak terlalu kaget dengan cahaya yang mencolok.
  • Istirahatkan mata sejenak. Anda tidak sedang dijajah kan? tidak mungkin mata harus melulu tegang menatap layar komputer, beri waktu 5-10 menit bagi mata untuk beristirahat.
  • Atur pandang mata. Lelah terus-terusan natap komputer? lihat objek pemandangan sekali kali biar mata gak terlalu jenuh. Sering kedipkan mata agar mata tidak menjadi kering.
  • Ngemil makanan sehat. Selain optimalkan minum air putih, jangan lupa untuk ngemil makanan bergizi biar matamu tidak cepat lelah. Utamakan buah-buahan, salad sayur, jus wortel, dan makanan sehat mata lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*